Senin, 22 Agustus 2016

MAKALAH PENGEMBANGAN PKN MENGINDENTIFIKASI KONSEP DAN ANALISIS STANDAR KOMPETENSI PADA SILABUS KTSP





MAKALAH PENGEMBANGAN PKN
MENGINDENTIFIKASI KONSEP DAN ANALISIS STANDAR KOMPETENSI PADA SILABUS KTSP

Dosen Pengampu: Nuris Hidayat, Spd
Nama: Febri Yanto
NIM: 201210020



PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ABDURACHMAN SALEH SITUBONDO
2015
Kata Pengantar

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan anugerah kepada penulis berupa kesehatan dan waktu sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah mata kuliah Pengembangan PKN ini dengan tepat waktu. Tugas makalah Pengembangan PKN yang penulis beri judul “MENGINDENTIFIKASI KONSEP”  ini penulis susun untuk memenuhi tugas mata kuliah semester 6.
Penulis juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Nuris, Spd selaku dosen pembimbing mata kuliah Pengembangan PKN. Karena atas bimbingan dari beliau tugas makalah ini dapat penulis selesaikan dengan baik dan tepat waktu.
Sebagai penulis tentunya berharap agar makalah penulis ini dapat bermanfaat bagi pembaca untuk lebih mempelajari dan memahami mata kuliah Pengembangan PKN. Kami sebagai penulis makalah ini menyadari bahwa makalah kami ini masih jauh dari kesempurnaan, maka penulis sangat berharap saran dan kritik dari pembaca untuk perbaikan makalah-makalah kami dalam kesempatan-kesempatan selanjutnya.







Daftar Isi

Kata Pengantar …………………………………………………………………… i
Daftar Isi ………………………………………………………………………… ii
Bab 1 Pendahuluan …………………………………………………………….... 1
1.1  Latar Belakang ………………………………………………………….... 1
1.2  Rumusan Masalah……………………………………………………….... 1
1.3  Tujuan …………………………………………………………................. 1

Bab 2 Pembahasan ……………………………………………………………… 2
     2.1 Pengertian Mengindentifikasi Konsep ……....………………...……... .... 2
     2.2 Standar Kompetensi Kelas 1 semester 1 & 2……………………...…...     2
     2.3  Standar Kompetensi Kelas 4 semester 1 & 2 ………………………….... 3
Bab 3 Penutup ………………………………………………………………..…. 4
3.1    Kesimpulan …………………………………………….………………….. 4






BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah
            Pendidikan kewarganegaraan adalah pendiikan yang mengkaji dan membahas tentang pemerintah,konstitusi,lembaga-lembaga demokrasi,rule of law,HAM,hak dan kewajiban warga negara  serta proses demokrasi.
Dalam pembelajaran terdapat komponen-komponen yang harus dilaksanakan sebagai acuan dalam melaksanakan pembelajaran contohnya RPP dan Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi,kompetensi dasar,materi pokok/pembelajaran,kegiatan pembelajaran,indikator,penilaian,alokasi waktu,dan sumber/bahan/alat belajar.
Dalam tiap jenjang pendidikan pasti ada standar kompetensi,kompetensi dasar,dan indikator karena untuk mengetahui materi apa saja yang akan dipelajari dan tujuan apa saja yang harus dicapai sehingga mudah karena terarah dan merupakan program yang telah terstruktur dalam setiap sekolah.
Dimana dari standar kompetensi,kompetensi dasar,dan indikator dapat mengetahui kemampuan,keterampilan dan sikap peserta didik sehingga secara spesifik dapat dijadikan tolak ukur sejauh mana penguasaan siswa terhadap suatu pokok bahasan atau mata pelajaran tertentu.




1.2  RUMUSAN MASALAH
1.      Apa pengertian “Mengindentifikasi Konsep”?
2.      Bagaimana analisis muatan materi pada SK kelas 1 semester 1 & 2?
3.      Bagaimana analisis muatan materi pada SK kelas 4 semester 1 & 2?

1.3  TUJUAN
1.      Untuk mengetahui identifikasi konsep
2.      Untuk mengetahui analisis muatan materi pada Standar Kompetensi
3.      Untuk memahami tentang Pengetian Standar Kompetensi





BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Identifikasi konsep merupakan sebuah analisis tentang sebuah pernyataan yang masih bersifat abstrak untuk mengelompokkan ide-ide atau peristiwa yang masih dalam angan-angan seseorang,meski belum di implementasikan,konsep bersifat positif memiliki makna yang baik,begitu pula sebaliknya jika konsep itu bersifat negatif maka akan memiliki makna negatif pula,Menurut Brunner setiap konsep mengandung nama,ciri,dan aturan.

2.2 Standar Kompetensi kelas 1 semester 1 dan 2
A.    SK: Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
Analisis muatan materi:
Konsep: menerapkan hidup rukun
a.       Merupakan konsep yang dibuat untuk memberikan pandangan dan penerapan hidup rukun
b.      Misalnya,selalu menjaga hubungan pertemanan antara individu satu dengan yang lain baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan tempa tinggal.
c.       Ciri-cirinya,saling menghargai antara individu satu maupun dengan yang lain baik dalam sikap perbuatan maupun dalam keseharian
d.      Aturannya, memiliki rasa empati antar individu sehingga mampu hidup rukun dengan sesama
e.       Nilai, meningkatkan rasa percaya diri empati dan rasa kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari
f.       Moral, dapat menerapkan hal-hal baik dalam kehidupan sehari-hari
g.      Norma, norma agama,kesopanan,kebiasaan,hukum
h.      Tujuan, membentuk karakter dan akhlak  yang mulia untuk lebih menghargai diri sendiri maupun orang lain dan mampu menerapkan hidup rukun dalam kehidupan sehari-sehari

B.     SK: Membiasakan tertib dirumah dan disekolah
Analisi muatan materi:
Konsep: membiasakan hidup tertib
a.       Merupakan nama konsep membiasakan hidup tertib dirumah dan disekolah.
b.      Misalnya,mengetahui cara melakukan sikap tertib dalam mengantri masuk kelas
c.       Ciri-cirinya,selalu hidup disiplin dan mengutamakan hak orang lain dari pada hak individu maupun golongan
d.      Aturannya ,selalu hidup disiplin dan mematuhi peraturan
e.       Nilai, meningkatkan hidup tertib dalam kehidupan sehari-hari
f.       Moral, menanamkan pikiran positif bahwa hidup tertib itu sangat penting
g.      Norma, norma kesopanan,agama,kebiasaan
h.      Tujuan, membentuk karakter jiwa untuk bersikap tertib dalam keadaan apapun

C.     SK: Menerapkan cinta bangsa dan negara
Analisis muatan materi:
Konsep mencintai bangsa dan negara dengan tulus sebagai warga negara
a.       Merupakan,nama konsep yang harus dimiliki oleh setiap individu untuk menghargai bangsa dan negara
b.      Misalnya, mengikuti upacara bendera pada hari senin maupun peringatan sejarah
c.       Ciri-ciri, selalu ikut serta dan berpartisipasi untuk menghargai negara
d.      Aturannya, ikut serta dalam mengenang maupun menghargai jasa-jasa pahlawan nasional dan belajar yang giat untuk mengisi setelah kemerdekaan bangsa
e.       Nilai, meningkatkan jiwa nasionalisme
f.       Moral, menanamkan cinta bangsa dan negara serta menghormatinya
g.      Norma, norma sosial,kesopanan
h.      Tujuan, untuk membentuk jati diri agar lebih mengerti tentang arti cinta bangsa dan negara

D.    SK: Mengamalkan cita-cita bangsa untuk kemajuan bersama
Analisis muatan materi:
Konsep melakukan perbuatan yang menjadi cita-cita bangsa
a.       Merupakan konsep dalam mengamalkan arah cita-cita bangsa kedepannya
b.      Misalnya, belajar yang rajin agar dapat mengharumkan nama bangsa
c.       Ciri-cirinya, melaksanakan wajib belajar 9 tahun yang dicanangkan pemerintah
d.      Aturannya,belajar yang giat dan meningkatkan intelektual
e.       Nilai, memahami tujuan belajar agar lebih meningkatkan kualitas SDM
f.       Moral,  menanamkan cinta bangsa untuk memberikan arah menuju kelebih baik lagi
g.      Norma,norma sosial,nasionalisme
h.      Tujuan, membentuk stigma agar pendidikan lebih ditingkatkan lagi untuk kemajuan negara

2.3 Standar Kompetensi kelas 4 semsester 1 dan 2
E.  SK: Memahami sistem pemerintah kecamatan dan pemerintah desa
Analisis muatan materi:
Konsep sistem pemerintah kecamatan dan pemerintah desa
a.       Merupakan nama konsep tentang pemahaman terhadap sistem pemerintahan kecamatan dan desa
b.      Misalnya,memahami adanya PILKADES  dan PILKADA
c.       Ciri-cirinya, mengetahui dengan ilmu awal yang dimiliki individu tentang apa itu PILKADES dan PILKADES
d.      Aturannya, ikut serta dalam mengikuti pemilihan umum ketika genap berusia 17 Tahun dan ikut bersosialisasi dalam pemilihan tersebut
e.       Nilai, keingin tahuan kondisi pemerintah kecamatan maupun desa secara langsung untuk menyimpulkan apa itu pemilihan?
f.       Moral, dapat menyebutkan tugas camat dan kades dan ikut berperan dalam bermasyarakat
g.      Norma, sosial,hukum,kebiasaan,agama
h.      Tujuan, membentuk suasana sebagai warga negara yang nyata dan mengetahui tentang politik dan hukum

F. SK: Memahami sistem pemerintahan kabupaten,kota dan provinsi
Analisis Muatan materi:
Konsep : pengetahuan tentang sistem pemerintahan di kabupaten kota dan provinsi
a.       Merupakan nama konsep paham terhadap sistem pemerintahan
b.      Misalnya, bupati dan wakil bupati gubernur dan walikota
c.       Ciri-cirinya, ingin mengetahui tentang apa siapa dan bagaimana tugas bupati wakil bupati gubernur dan walikota
d.      Aturan, ikut serta dalam kegiatan dan proses pengamatan sistem pemerintahan secara individu dengan bantuan guru
e.       Nilai, nilai edukatif yang dapat diambil contoh dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
f.       Norma, norma kesusilaan,kesopanan,sosial
g.      Moral, mengembangkan sikap adil dan tanggung jawab terhadap semua hal
h.      Tujuan, membentuk warga negara yang cinta tanah air

G.    SK: Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungan
Analisis muatan materi:
Konsep : sikap terhadap dampak globalisasi pada diri sendiri dan secara umum
a.       Merupakan nama konsep sikap terhadap dampak globalisasi
b.      Misalnya, melestarikan dan mencintai buadaya sendiri dari pada budaya asing
c.       Ciri-ciri, melestarikan budaya sendiri dari pada mengembangkan budaya asing yang melunturkan nilai nasionalisme
d.      Aturan, ikut serta dalam melestarikan budaya sendiri dan memfilter budaya asing baik dari sisi positif maupun negatifnya
e.       Nilai, mampu memahami sikap terhadap budaya asing tanpa harus phobia terhadapnya
f.       Moral,menanamkan nilai-nilai kebudayaan terhadap diri sendiri maupun orang lain.
g.      Norma, sosial,masyarakat,agama
h.      Tujuan, membentuk karakter jiwa yang mencintai buadaya sendiri

H.    SK: Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat
Analisis muatan materi:
Konsep : sistem pemerintahan tingkat pusat yang menjadi panduan pemerintahan tingkat provinsi kabupaten dan seterusnya
a.       Merupakan nama konsep paham terhadap sistem pemerintahan tingkat pusat
b.      Misalnya: DPRD,DPD,DPR
c.       Ciri-cirinya: menampung aspirasi masyarakat sebagai landasan pemecahan masalah dalam rapat maupun solusinya
d.      Aturan, melakukan pemilihan umum secara langsung dan jurdil mengikuti seleksi dan pencalonan anggota dewan
e.       Nilai, memantapkan keingintahuan tentang kondisi pemerintahan pusat
f.       Moral, untuk dapat bersikap adil dan jujur dalam pemerintahan tingkat pusat
g.      Norma,hukum,sosial,kesusilaan
h.      Tujuan, membentuk warga negara baik dan patuh terhadap pemimpin serta sikap tanggung jawab






















BAB III
PENUTUP
3.1         Kesimpulan
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi,kompetensi dasar,materi pokok/pembelajaran,kegiatan pembelajaran,indikator,penilaian,alokasi waktu,dan sumber/bahan/alat belajar
Dalam  standar kompetensi sudah jelas bahwa SK Merupakan bagian dari silabus untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efisien,dalam pelajaran PKN ini analisis muatan materi sudah dijabarkan secara luas baik dari konsep,ciri-ciri,aturan,nilai,moral,norma dan tujuan yang akhirnya dapat menjabarkan identifikasi konsep secara luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar