MAKALAH PENGEMBANGAN PKN
MENGINDENTIFIKASI KONSEP DAN
ANALISIS STANDAR KOMPETENSI PADA SILABUS KTSP
Dosen
Pengampu: Nuris Hidayat, Spd
Nama:
Febri Yanto
NIM:
201210020
PROGRAM STUDI S1
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ABDURACHMAN SALEH
SITUBONDO
2015
Kata Pengantar
Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan
anugerah kepada penulis berupa kesehatan dan waktu sehingga penulis dapat
menyelesaikan tugas makalah mata kuliah Pengembangan PKN ini dengan tepat
waktu. Tugas makalah Pengembangan PKN yang penulis beri judul “MENGINDENTIFIKASI
KONSEP” ini penulis susun untuk memenuhi
tugas mata kuliah semester 6.
Penulis juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya
kepada Bapak Nuris, Spd selaku dosen pembimbing mata kuliah Pengembangan PKN.
Karena atas bimbingan dari beliau tugas makalah ini dapat penulis selesaikan
dengan baik dan tepat waktu.
Sebagai penulis tentunya berharap agar makalah penulis ini
dapat bermanfaat bagi pembaca untuk lebih mempelajari dan memahami mata kuliah Pengembangan
PKN. Kami sebagai penulis makalah ini menyadari bahwa makalah kami ini masih
jauh dari kesempurnaan, maka penulis sangat berharap saran dan kritik dari
pembaca untuk perbaikan makalah-makalah kami dalam kesempatan-kesempatan
selanjutnya.
Daftar Isi
Kata Pengantar
…………………………………………………………………… i
Daftar Isi
………………………………………………………………………… ii
Bab 1 Pendahuluan
…………………………………………………………….... 1
1.1
Latar Belakang ………………………………………………………….... 1
1.2
Rumusan Masalah……………………………………………………….... 1
1.3
Tujuan ………………………………………………………….................
1
Bab 2 Pembahasan
……………………………………………………………… 2
2.1 Pengertian Mengindentifikasi Konsep ……....………………...……... .... 2
2.2 Standar Kompetensi Kelas 1 semester 1
& 2……………………...…...
2
2.3
Standar Kompetensi Kelas 4 semester 1 & 2 ………………………….... 3
Bab 3 Penutup
………………………………………………………………..…. 4
3.1 Kesimpulan …………………………………………….………………….. 4
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Pendidikan kewarganegaraan adalah
pendiikan yang mengkaji dan membahas tentang
pemerintah,konstitusi,lembaga-lembaga demokrasi,rule of law,HAM,hak dan
kewajiban warga negara serta proses
demokrasi.
Dalam pembelajaran terdapat
komponen-komponen yang harus dilaksanakan sebagai acuan dalam melaksanakan
pembelajaran contohnya RPP dan Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada
suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar
kompetensi,kompetensi dasar,materi pokok/pembelajaran,kegiatan
pembelajaran,indikator,penilaian,alokasi waktu,dan sumber/bahan/alat belajar.
Dalam tiap jenjang pendidikan pasti ada
standar kompetensi,kompetensi dasar,dan indikator karena untuk mengetahui
materi apa saja yang akan dipelajari dan tujuan apa saja yang harus dicapai
sehingga mudah karena terarah dan merupakan program yang telah terstruktur
dalam setiap sekolah.
Dimana dari standar
kompetensi,kompetensi dasar,dan indikator dapat mengetahui
kemampuan,keterampilan dan sikap peserta didik sehingga secara spesifik dapat
dijadikan tolak ukur sejauh mana penguasaan siswa terhadap suatu pokok bahasan
atau mata pelajaran tertentu.
1.2
RUMUSAN MASALAH
1.
Apa pengertian “Mengindentifikasi
Konsep”?
2.
Bagaimana analisis muatan materi pada SK
kelas 1 semester 1 & 2?
3.
Bagaimana analisis muatan materi pada SK
kelas 4 semester 1 & 2?
1.3
TUJUAN
1.
Untuk mengetahui identifikasi konsep
2.
Untuk mengetahui analisis muatan materi
pada Standar Kompetensi
3.
Untuk memahami tentang Pengetian Standar
Kompetensi
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Identifikasi konsep
merupakan sebuah analisis tentang sebuah pernyataan yang masih bersifat abstrak
untuk mengelompokkan ide-ide atau peristiwa yang masih dalam angan-angan
seseorang,meski belum di implementasikan,konsep bersifat positif memiliki makna
yang baik,begitu pula sebaliknya jika konsep itu bersifat negatif maka akan
memiliki makna negatif pula,Menurut Brunner setiap konsep mengandung
nama,ciri,dan aturan.
2.2 Standar Kompetensi
kelas 1 semester 1 dan 2
A.
SK: Menerapkan hidup rukun dalam
perbedaan
Analisis muatan materi:
Konsep: menerapkan hidup rukun
a.
Merupakan konsep yang dibuat untuk
memberikan pandangan dan penerapan hidup rukun
b.
Misalnya,selalu menjaga hubungan
pertemanan antara individu satu dengan yang lain baik dilingkungan sekolah
maupun dilingkungan tempa tinggal.
c.
Ciri-cirinya,saling menghargai antara
individu satu maupun dengan yang lain baik dalam sikap perbuatan maupun dalam
keseharian
d.
Aturannya, memiliki rasa empati antar
individu sehingga mampu hidup rukun dengan sesama
e.
Nilai, meningkatkan rasa percaya diri
empati dan rasa kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari
f.
Moral, dapat menerapkan hal-hal baik
dalam kehidupan sehari-hari
g.
Norma, norma
agama,kesopanan,kebiasaan,hukum
h.
Tujuan, membentuk karakter dan
akhlak yang mulia untuk lebih menghargai
diri sendiri maupun orang lain dan mampu menerapkan hidup rukun dalam kehidupan
sehari-sehari
B.
SK: Membiasakan tertib dirumah dan
disekolah
Analisi muatan materi:
Konsep: membiasakan hidup tertib
a.
Merupakan nama konsep membiasakan hidup
tertib dirumah dan disekolah.
b.
Misalnya,mengetahui cara melakukan sikap
tertib dalam mengantri masuk kelas
c.
Ciri-cirinya,selalu hidup disiplin dan
mengutamakan hak orang lain dari pada hak individu maupun golongan
d.
Aturannya ,selalu hidup disiplin dan
mematuhi peraturan
e.
Nilai, meningkatkan hidup tertib dalam
kehidupan sehari-hari
f.
Moral, menanamkan pikiran positif bahwa
hidup tertib itu sangat penting
g.
Norma, norma kesopanan,agama,kebiasaan
h.
Tujuan, membentuk karakter jiwa untuk
bersikap tertib dalam keadaan apapun
C.
SK: Menerapkan cinta bangsa dan negara
Analisis muatan materi:
Konsep mencintai bangsa dan negara
dengan tulus sebagai warga negara
a.
Merupakan,nama konsep yang harus
dimiliki oleh setiap individu untuk menghargai bangsa dan negara
b.
Misalnya, mengikuti upacara bendera pada
hari senin maupun peringatan sejarah
c.
Ciri-ciri, selalu ikut serta dan
berpartisipasi untuk menghargai negara
d.
Aturannya, ikut serta dalam mengenang
maupun menghargai jasa-jasa pahlawan nasional dan belajar yang giat untuk
mengisi setelah kemerdekaan bangsa
e.
Nilai, meningkatkan jiwa nasionalisme
f.
Moral, menanamkan cinta bangsa dan
negara serta menghormatinya
g.
Norma, norma sosial,kesopanan
h.
Tujuan, untuk membentuk jati diri agar
lebih mengerti tentang arti cinta bangsa dan negara
D.
SK: Mengamalkan cita-cita bangsa untuk
kemajuan bersama
Analisis muatan materi:
Konsep melakukan perbuatan yang menjadi
cita-cita bangsa
a.
Merupakan konsep dalam mengamalkan arah cita-cita
bangsa kedepannya
b.
Misalnya, belajar yang rajin agar dapat
mengharumkan nama bangsa
c.
Ciri-cirinya, melaksanakan wajib belajar
9 tahun yang dicanangkan pemerintah
d.
Aturannya,belajar yang giat dan
meningkatkan intelektual
e.
Nilai, memahami tujuan belajar agar
lebih meningkatkan kualitas SDM
f.
Moral,
menanamkan cinta bangsa untuk memberikan arah menuju kelebih baik lagi
g.
Norma,norma sosial,nasionalisme
h.
Tujuan, membentuk stigma agar pendidikan
lebih ditingkatkan lagi untuk kemajuan negara
2.3 Standar Kompetensi kelas 4 semsester 1 dan 2
E.
SK: Memahami sistem pemerintah kecamatan
dan pemerintah desa
Analisis
muatan materi:
Konsep
sistem pemerintah kecamatan dan pemerintah desa
a.
Merupakan nama konsep tentang pemahaman
terhadap sistem pemerintahan kecamatan dan desa
b.
Misalnya,memahami adanya PILKADES dan PILKADA
c.
Ciri-cirinya, mengetahui dengan ilmu
awal yang dimiliki individu tentang apa itu PILKADES dan PILKADES
d.
Aturannya, ikut serta dalam mengikuti
pemilihan umum ketika genap berusia 17 Tahun dan ikut bersosialisasi dalam
pemilihan tersebut
e.
Nilai, keingin tahuan kondisi pemerintah
kecamatan maupun desa secara langsung untuk menyimpulkan apa itu pemilihan?
f.
Moral, dapat menyebutkan tugas camat dan
kades dan ikut berperan dalam bermasyarakat
g.
Norma, sosial,hukum,kebiasaan,agama
h.
Tujuan, membentuk suasana sebagai warga
negara yang nyata dan mengetahui tentang politik dan hukum
F. SK:
Memahami sistem pemerintahan kabupaten,kota dan provinsi
Analisis
Muatan materi:
Konsep
: pengetahuan tentang sistem pemerintahan di kabupaten kota dan provinsi
a.
Merupakan nama konsep paham terhadap
sistem pemerintahan
b.
Misalnya, bupati dan wakil bupati
gubernur dan walikota
c.
Ciri-cirinya, ingin mengetahui tentang
apa siapa dan bagaimana tugas bupati wakil bupati gubernur dan walikota
d.
Aturan, ikut serta dalam kegiatan dan
proses pengamatan sistem pemerintahan secara individu dengan bantuan guru
e.
Nilai, nilai edukatif yang dapat diambil
contoh dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
f.
Norma, norma kesusilaan,kesopanan,sosial
g.
Moral, mengembangkan sikap adil dan
tanggung jawab terhadap semua hal
h.
Tujuan, membentuk warga negara yang
cinta tanah air
G.
SK: Menunjukkan sikap terhadap
globalisasi di lingkungan
Analisis
muatan materi:
Konsep
: sikap terhadap dampak globalisasi pada diri sendiri dan secara umum
a.
Merupakan nama konsep sikap terhadap
dampak globalisasi
b.
Misalnya, melestarikan dan mencintai
buadaya sendiri dari pada budaya asing
c.
Ciri-ciri, melestarikan budaya sendiri
dari pada mengembangkan budaya asing yang melunturkan nilai nasionalisme
d.
Aturan, ikut serta dalam melestarikan
budaya sendiri dan memfilter budaya asing baik dari sisi positif maupun
negatifnya
e.
Nilai, mampu memahami sikap terhadap
budaya asing tanpa harus phobia terhadapnya
f.
Moral,menanamkan nilai-nilai kebudayaan
terhadap diri sendiri maupun orang lain.
g.
Norma, sosial,masyarakat,agama
h.
Tujuan, membentuk karakter jiwa yang
mencintai buadaya sendiri
H.
SK: Mengenal sistem pemerintahan tingkat
pusat
Analisis
muatan materi:
Konsep
: sistem pemerintahan tingkat pusat yang menjadi panduan pemerintahan tingkat
provinsi kabupaten dan seterusnya
a.
Merupakan nama konsep paham terhadap
sistem pemerintahan tingkat pusat
b.
Misalnya: DPRD,DPD,DPR
c.
Ciri-cirinya: menampung aspirasi
masyarakat sebagai landasan pemecahan masalah dalam rapat maupun solusinya
d.
Aturan, melakukan pemilihan umum secara
langsung dan jurdil mengikuti seleksi dan pencalonan anggota dewan
e.
Nilai, memantapkan keingintahuan tentang
kondisi pemerintahan pusat
f.
Moral, untuk dapat bersikap adil dan
jujur dalam pemerintahan tingkat pusat
g.
Norma,hukum,sosial,kesusilaan
h.
Tujuan, membentuk warga negara baik dan
patuh terhadap pemimpin serta sikap tanggung jawab
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok
mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi,kompetensi
dasar,materi pokok/pembelajaran,kegiatan
pembelajaran,indikator,penilaian,alokasi waktu,dan sumber/bahan/alat belajar
Dalam standar
kompetensi sudah jelas bahwa SK Merupakan bagian dari silabus untuk mencapai
tujuan pembelajaran yang efisien,dalam pelajaran PKN ini analisis muatan materi
sudah dijabarkan secara luas baik dari
konsep,ciri-ciri,aturan,nilai,moral,norma dan tujuan yang akhirnya dapat
menjabarkan identifikasi konsep secara luas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar