Selasa, 17 Juni 2014

RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELJARAN)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    :  SD NEGERI 
Tema / Sub Tema      :  DIRIKU / TUBUHKU
Kelas / Semester        :  1 / 1
Pembelajaran            :  1
Alokasi waktu            :  20 Menit


A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, meilhat, membaca) dan menanya, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda – benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
       MATEMATIKA
3.1    Mengetahui bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda – benda yang ada di sekitar rumah, sekolah atau tempat bermain.
      SBDB
             4.7    Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
            
C.    INDIKATOR
MATEMATIKA
1.             Menghitung banyak benda 1 – 5
2.             Menuliskan lambang bilangan 1 – 5
SBDB
1.             Menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” dengan irama yang tepat
2.             Menjelaskan isi lagu yang dinyanyikan



D.    TUJUAN
1.      Setelah mendengarkan contoh dari guru , siswa dapat menyanyikan lagu “Dua Mata Saya “ dengan syair dan irama lagu yang tepat.
2.      Setelah bertanya jawab , siswa dapat menyebutkan nama – nama anggota tubuh dengan tepat.
3.      Setelah mengamati  gambar siswa dapat menghitung jumlah anggota tubuh dengan tepat.
4.      Setelah mengamati gambar siswa dapat menuliskan jumlah anggota tubuh dengan tepat.

E.     MATERI
MATEMATIKA
1.             Menghitung jumlah anggota tubuh
SDBD
1.             Menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” dengan irama yang tepat.

F.       PENDEKATAN & METODE
Pendekatan         : Scientific
Strategi                : Cooperative Learning
Teknik                 : Example Non Example
Metode                : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

G.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.      Siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masingmasing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.      Guru mengecek kehadiran siswa
3.      Mengajak semua siswa menyanyi  “DUA MATA SAYA”
4.      Menginformasikan yang akan dibelajarkan yaitu tentang Tema DIRIKU” dan Sub Tema “TUBUHKU
5 menit
Inti
1.    Guru menyanyikan lagu “DUA MATA SAYA”, dan menunjukkan gambar anggota tubuh dan meminta siswa mengamati gambar tersebut dibuku. (eksplorasi, mengamati/menyimak/mendengar)
Anggota Tubuh :
Kepala, Dahi, Mata, Telinga, Hidung, Mulut, Pipi, Dagu, Bahu, Tangan , Jari, Kaki.
10 menit

2.    Guru dan Siswa melakukan tanya jawab tentang nama – nama dan manfaat anggota tubuh sambil menunjuk bagian – bagian tubuh pada gambar. (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar).  


3.    Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa (eksplorasi dan elaborasi, menyimak dan menalar)
·      Siswa menghitung banyaknya anggota tubuh seperti yang ada pada buku siswa.
Mulut = 1
Hidung = 1
Telinga = 2
Mata = 2

Tangan = 2
Jari = 5
Kaki = 2

Penutup
1.      Bersama sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman tentang anggota tubuh
5 menit
2.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

  • Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
  • Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan


H.                SUMBER DAN MEDIA
·         Diri anak
·         Lingkungan Sekolah
·         Buku Tematik Kelas 1, Tema 1 Diriku, Sub Tema 2 Tubuhku
·         Gambar Anggota Tubuh



I.         PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
1)   Mengamati, Bermain, Bernyanyi “Dua Mata Saya”
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja




                                               
                                                                                                 Situbondo, 31 – 3 – 2014
Guru Kelas 1



FAJARIA NURUL KARIMAH, S.Pd.SD.
NIP.
Mengetahui ,
Kepala SD Negeri


JAELANI, A.Ma.Pd.
NIP. 19540808 197601 1 002












1 komentar: