RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD NEGERI
Tema / Sub Tema : DIRIKU / TUBUHKU
Kelas / Semester : 1 / 1
Pembelajaran : 1
Alokasi waktu :
20 Menit
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengarkan, meilhat, membaca) dan menanya, berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda – benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
MATEMATIKA
3.1 Mengetahui
bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda – benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah atau tempat bermain.
SBDB
4.7 Menyanyikan
lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
C.
INDIKATOR
MATEMATIKA
1.
Menghitung banyak benda 1 – 5
2.
Menuliskan lambang bilangan 1 – 5
SBDB
1.
Menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” dengan irama yang
tepat
2.
Menjelaskan isi lagu yang dinyanyikan
D.
TUJUAN
1.
Setelah mendengarkan
contoh dari guru , siswa dapat menyanyikan lagu “Dua Mata Saya “ dengan syair
dan irama lagu yang tepat.
2.
Setelah bertanya jawab
, siswa dapat menyebutkan nama – nama anggota tubuh dengan tepat.
3.
Setelah mengamati
gambar siswa dapat menghitung jumlah anggota tubuh dengan tepat.
4.
Setelah mengamati
gambar siswa dapat menuliskan jumlah anggota tubuh dengan tepat.
E.
MATERI
MATEMATIKA
1.
Menghitung jumlah anggota tubuh
SDBD
1.
Menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” dengan irama yang
tepat.
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Siswa berdo’a menurut agama
dan keyakinan masing – masing (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
2.
Guru mengecek kehadiran siswa
3.
Mengajak semua siswa
menyanyi “DUA MATA SAYA”
4.
Menginformasikan yang akan
dibelajarkan yaitu tentang Tema “DIRIKU” dan
Sub Tema “TUBUHKU”
|
5 menit
|
Inti
|
1. Guru menyanyikan lagu “DUA MATA SAYA”, dan menunjukkan
gambar anggota tubuh dan meminta siswa mengamati gambar tersebut dibuku.
(eksplorasi, mengamati/menyimak/mendengar)
Anggota Tubuh :
Kepala, Dahi, Mata, Telinga, Hidung, Mulut, Pipi,
Dagu, Bahu, Tangan , Jari, Kaki.
|
10 menit
|
|
2.
Guru dan
Siswa melakukan tanya jawab tentang nama – nama dan manfaat anggota tubuh
sambil menunjuk bagian – bagian tubuh pada gambar. (eksplorasi, menyimak,
menanya, menalar).
|
|
|
3.
Siswa
menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa (eksplorasi dan elaborasi,
menyimak dan menalar)
· Siswa menghitung banyaknya anggota tubuh seperti
yang ada pada buku siswa.
Mulut = 1
Hidung = 1
Telinga = 2
Mata = 2
|
|
Tangan = 2
Jari = 5
Kaki = 2
|
|
|
Penutup
|
1.
Bersama – sama siswa
membuat kesimpulan / rangkuman tentang anggota tubuh
|
5 menit
|
2.
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran)
|
|
|
|
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak
·
Lingkungan Sekolah
·
Buku Tematik Kelas 1, Tema 1 Diriku, Sub Tema 2 Tubuhku
·
Gambar Anggota Tubuh
I.
PENILAIAN
- Prosedur
Penilaian
a.
Penilain Proses
1)
Mengamati,
Bermain, Bernyanyi “Dua Mata Saya”
- Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja
Situbondo,
31 – 3 – 2014
Guru Kelas 1
FAJARIA
NURUL KARIMAH, S.Pd.SD.
NIP.
|
Mengetahui ,
Kepala SD Negeri
JAELANI,
A.Ma.Pd.
NIP. 19540808 197601 1 002
|
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus