berikut ada topik pendidikan terhadap anak yang memiliki masalah dalam pembelajaran
Perilaku
bermasalah adalah suatu persoalan yang harus menjadi kepedulian guru, bukan
semata – mata perilaku itu destruktif atau mengganggu proses pembelajaran,
melainkan suatu bentuk perilaku agresif maupun pasif yang dapat menimbulkan
kesulitan dalam bekerjasama dengan teman merupakan perilaku yang dapat
menimbulkan masalah belajar peserta didik, dan hal itu merupakan perilaku
bermasalah.
Perilaku
bermasalah yang nampak dipermukaan, baru merupakan indikator bahwa murid
memiliki masalah. Guru hendaknya menyingkap jauh dibalik perilaku yang nampak,
agar memiliki pemahaman tentang karakteristik perilaku murid yang sesungguhnya.
Murid SD merupakan
individu yang khas, penghampiran terhadap permasalahan individu memerlukan penanganan
yang berbeda. Teknik – teknik membantu murid bermasalah memberikan wawasan
dalam memberikan bantuan terhadap murid bermasalah.
Pendekatan
bimbingan perkembangan membawa implikasi bahwa penghampiran pada perilaku murid
bermasalah dapat dilakukan dengan mengkaji masalah – masalah yang berkaitan
dengan karakteristik perkembangan murid.
Pada
dasarnya pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah dasar adalah guru kelas
yang yang secara keseluruhan bertanggung jawab atas perkembanagan anak di
kelasnya. Hal ini memungkinkan guru untuk memberi layanan bimbingan secara
terpadu melaluai proses pembelajaran. Melalaui layanan dasar bimbingan guru
untuk membantu seluruh siswa untuk memecahkan masalahnya terutama masalah
belajar,. Meskipun guru telah memberikan bantuan berupa bimbingan terhadap
siswanya, masalah anak tetap selalu ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar